Apa Saja Yang Harus Dipahami Dalam Menjalankan Wirausaha Digital?
Masa depan ekonomi digital bisa menjadi
salah satu sektor yang akan banyak memberikan kontribusi positif pada penguatan
perekonomian Indonesia. Hal itu dapat dilacak dari menguatnya peran teknologi
informasi dalam dunia bisnis. Apalagi hadirnya media sosial dalam konteks
ekonomi digital semakin mengambil peran hingga membuka peluang usaha baru bagi
masyarakat. Itulah yang menjadi indikator dari kemunculan fenomena
kewirausahaan digital. Jika ditelaah, kewirausahaan digital berasal dari kata
teknopreneur yang bermakna ‘wirausaha digital’ serta gabungan antara
‘teknologi’ dan ‘entrepreneur’.
Revolusi
Industri 4.0 merupakan perubahan dimana untuk memproduksi suatu barang,
memanfaatkan mesin sebagai tenaga penggerak dan pemroses. Revolusi industri ini
hadir untuk menjawab permasalahan efektifitas dan efisiensi dalam memproduksi
suatu barang. Revolusi Industri 4.0 ini mengintregasikan antara teknologi cyber
dan teknologi otomatisasi. Dampak era revolusi industri 4.0 adalah dalam
penerapannya tidak lagi memberdayakan tenaga kerja manusia, karena semuanya
sudah menerapkan konsep otomatisasi. Dengan demikian tingkat efektifitas dan
efisiensi waktu bisa meningkat. Dimana waktu merupakan hal vital dalam dunia
industri. Disamping manfaat revolusi industri 4.0 terhadap bidang prindustrian,
manfaat teknologi juga bisa dirasakan oleh semua orang. Saat ini akses
informasi sangat mudah dan bisa dilakukan kapan dan di mana saja dengan adanya
jaringan internet.
Kini semakin
berkembangnya zaman dan juga teknologi yang semakin lama semakin maju dengan
cukup pesat membuat banyak orang yang memanfaatkannya untuk membantu
kegiatannya sehari-hari misalkan untuk pekerjaan Kantor, kemudian tuntutan
pelajaran untuk memahami adanya internet, mencari informasi, dan juga sebagai
salah satu media yang paling tepat untuk memasarkan produk atau melakukan
bisnis. Teknologi dan informasi kini merupakan salah satu kebutuhan sehari-hari
yang sering dikonsumsi bahkan banyak orang yang sudah menggunakannya mulai dari
anak-anak, remaja, hingga dewasa pun sudah mengetahui adanya perkembangan
teknologi digital ini. Di Indonesia sudah menerapkan adanya persaingan bisnis
yang berhubungan dengan era globalisasi sehingga membuat banyak pebisnis yang
harus bersaing agar bisnis yang dijalankan dapat berkembang dengan pesat, salah
satunya yaitu dengan memanfaatkan adanya perkembangan teknologi ini yaitu
dengan menggunakan internet. Bahkan dengan menggunakan internet, maka semua
proses apapun dalam berbisnis akan lebih mudah misalkan adanya pembelian barang
dari luar negeri, kemudian mempromosikan barang yang Anda jual, dan lain
sebagainya. Hal ini membuktikan pentingnya teknologi digital dalam
berwirausaha.
Ada banyak keuntungan
yang bisa didapatkan jika dapat memanfaatkan dan juga menggunakan adanya
perkembangan teknologi ini seperti adanya laptop, komputer, dan juga media yang
dapat membantu akses dalam dunia bisnis yaitu adanya internet. Keuntungan yang pertama yaitu dapat menghubungkan dengan beberapa
konsumen yang jaraknya cukup jauh bahkan yang mungkin tidak bisa Anda jangkau
jaraknya, Kini semakin canggihnya dan juga sangat pesatnya perkembangan
teknologi membuat banyak orang yang memilih untuk membangun sebuah bisnis yang
akan sangat menjanjikan yaitu dengan berbisnis jualan online, Keuntungan yang
ketiga yaitu membantu untuk mengurangi biaya produksi, mengurangi biaya
produksi yang dimaksud yaitu untuk mengurangi modal yang akan dikeluarkan, dan
yang terakhir kita dapat memudahkan proses komunikasi dan juga monitoring
setiap karyawannya. Dengan menggunakan dunia digital ini yaitu adanya internet
maka dapat membantu dalam memonitor karyawan-karyawan yang ada di tempat kita.
Bahkan jika akan melakukan pertemuan, rapat, dan semacamnya, kita tidak perlu
repot-repot lagi karena hanya dengan sosial media juga tetap bisa melakukan
rapat, diskusi, dan lain sebagainya secara online.
Keberadaan
teknologi juga turut mempengaruhi permintaan konsumen yang lebih variatif dan
menyebabkan tantangan dalam menjalani bisnis digital. Yang pertama adalah
persaingan yang sangat bebas dan luas, Segala kemudahan yang era digital tentu
mengundang ketertarikan orang lain untuk membuat sebuah bisnis. Teknologi
digital sekarang ini sudah merambah di setiap lini kehidupan, bahkan sampai
yang terkecil. Kabar baiknya, dengan teknologi digital, kamu bisa menghemat
waktu, tenaga dan biaya. Bahkan, teknologi digital bisa membuat pendapatanmu
naik cukup signifikan. tetapi, banyak bisnis yang malah nggak bisa mengikuti
perkembangan teknologi digital berakhir dengan gulung tikar. Penyebab
terbesarnya karena kurangnya pengetahuan dan tidak adaptatif dalam menghadapi
era digital.
PT Indoguna menggunakan pola bisnis food
supply chain management dan memiliki prinsip “jika memesan hari ini, besok
barang akan sampai”. Dengan adanya prinsip ini, Indoguna harus memiliki
teknologi yang memadai dimulai dari keamanan pada makanan sampai dengan
mendistribusikannya. Hal ini merupakan salah satu contoh dalam memanfaatkan
peluang menggunakan teknologi digital dalam berwirausaha. Kita juga harus
melihat peluang pasar, seperti pengguna media sosial Indonesia termasuk
tertinggi di dunia. Kemudian terdapat banyak start up seperti traveloka, bukalapak, gojek, dan lain-lain. Jumlah
pengguna internet meningkat karena harga HP yang murah dan 78% pengguna
internet saat ini melakukan pembelian secara online. Hal ini menandakan
terdapat peluang yang besar di Indonesia.
Terdapat 5 strategi bisnis yang diperlukan pada era digital ini. Yang pertama keunggulan kompetitif yang diperoleh dengan berfokus kepada kepuasan pelanggan seperti dengan memberikan jasa khusus pada pelanggan. Yang kedua omnichannel untuk menghubungkan dunia offline ke online. Yang ke tiga Big Data menggunakan SAP Business One untuk mendukung transaksi bisnis, membuat data warehouse untuk pengambilan keputusan. Kemudian Cybersecurity untuk melindungi informasi-informasi bisnis perusahaan. Dan yang terakhir kapabilitas digital untuk mendukung perusahaan masuk ke dunia digital.
Biasanya dalam wirausaha secara digital kita harus memiliki target financial dan memikirkan bagaimana kita mendapatkan pelanggan-pelanggan. Target financial adalah risiko adanya tekanan berlebihan pada manajemen untuk mencapai target keuangan yang dipatok oleh direksi atau manajemen, termasuk tujuan-tujuan penerimaan insentif dari penjualan maupun keuntungan. Target financial membicarakan bagaimana cara kita untuk mendapatkan pelanggan-pelanggan baru kemudian mendapatkan pelanggan yang loyal, biasanya toko/perusahaan memberikan tawaran seperti beli 1 gratis 1 atau diskon kepada pelanggannya. Kemudian kita perlu menghemat biaya dan menjalankan agar asset-aset produktif. Cara mencapai target financial kita harus memiliki sumber daya manusia (SDM) yang memiliki kompetensi/skill. Kita juga harus memikirkan cara agar pelanggan puas dengan apa yang kita kerjakan, seperti memberikan pelayanan-pelayanan kepada pelanggannnya. Kemudian setelah kita mendapatkan pelanggan yang puas, kita harus memikirkan cara untuk mempertahankan pelanggan tersebut agar membeli produk-produk kita kembali.
Kita harus memikirkan dengan modal
yang kita miliki dapat menjual barang atau produk apa sehingga mendapatkan
keuntungkan yang sesuai dengan yang kita mau. Untuk mengukur kepuasan pelanggan
kita harus bisa memberikan harga yang sesuai untuk produk-produk. Kita juga
harus bisa memberikan kualitas-kualitas barang atau prduk yang terbaik.
Kemudian kita harus memiliki ketersediaan barang dan jenis-jenis produk kita,
sehingga kita harus memiliki inventory control yang bagus. Kemudian dengan
produk-produk yang kita tawarkan harus memiliki fungsi yang baik.
Untuk mendapatkan pelanggan yang puas terdapat proses
internal seperti dalam manajemen operasional. Dalam manajemen operasional
membahas tentang pasokan barang yang kita dapat, bagaimana cara kita
memproduksi dan mendistribusikan, dan resiko-resiko yang kita dapat pada saat
menjalankannya. Kita juga harus memiliki inovasi tentang bagaimana untuk
memanfaatkan barang sisa produksi semaksimal mungkin. Kemudian tentang
lingkungan, keselamatan dan kesehatan bagi pekerja-pekerja.
Seorang wirausaha harus memiliki kompetensi-kompetensi,
seperti memiliki komunikasi yang baik untuk menjelaskan ide dan promosi kepada
pelanggan. Kecerdasan financial untuk
bisa mengendalikan arus kas dan harus memiliki merek. Marketing, kita harus
bisa memasarkan produk kita secara digital dan kita harus memiliki networking,
semakin banyak tali silaturahmi yang dibangun maka semakin kuat pondasi bisnis
yang dimiliki seorang wirausaha. Kemudian kita harus bisa belajar menganalisis
sesuatu hal yang penting dan belajar untuk bisa menyesuaikan dengan era digital
ini untuk meningkatkan kinerja bisnis.
Kerenn, semangat terus berkaryaaa
BalasHapuskerenn!! jadi pengen berwirausahaa ehehehe
BalasHapusyuk berwirausaha!
BalasHapusteknologi dan enterpreneur sangat di butuhkan di era sekarang, bukan era bajak laut mugiwara no luffy.
BalasHapus#staysafe #suksesterus
wooo mantapp
BalasHapusartikelnya agak bermanfaat
BalasHapussangat bermanfaat dan mudah dipahami
BalasHapusSaya sangat setuju dan artikel ini sangat bermanfaat tuk menambah wawasan dan juga mudah untuk dipahami !! terimakasih^^
BalasHapusSaya sangat setuju dan artikel ini sangat bermanfaat tuk menambah wawasan dan juga mudah untuk dipahami !! terimakasih^^
BalasHapuskeren kak , sangat informatif dan bermanfaat...
BalasHapusWahhhhh kerenn sekalii pasti mamamu bangga
BalasHapuskeren, menambah wawasan
BalasHapusKeren dan bermanfaat sekali , terimakasih
BalasHapus